Terbentuknya kepengurusan baru di seluruh Lembaga Kemahasiswaan di Fakultas Pertanian memerlukan suatu mekanisme yang dapat mengarahkan kinerja kelembagaan ke sasaran yang tepat. Untuk itu dibutuhkan adanya keselarasan antara kebutuhan mahasiswa, program kerja kelembagaan, dan program kerja institusi. Maka, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Pertanian menyelenggarakan Sidang Umum Kelembagaan Mahasiswa Fakultas Pertanian IPB.

Kegiatan ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Sidang Umum 1 dan Sidang Umum 2. Sidang Umum 1 dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 18 Desember 2011 mulai dari pukul 08.00 – 12. Sidang Umum 1 ini dilaksanakan untuk memilih dan menetapkan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), melantik anggota DPM, dan melantik Ketua Badan Eksekutif Mahsiswa Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor periode 2010 – 2011. Pada kegiatan ini dilaksanakan musyawarah anggota untuk dapat saling mensinergiskan program kerja agar dapat mencapai tujuan bersama. Setiap perwakilan lembaga kemahasiswaan menyampaikan usulan-usulannya agar setiap program kerja yang akan dilaksanakan tidak saling bertubrukan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Fakultas Pertanian serta menggabungkan kegiatan yang memiliki tujuan yang sama dengan sasaran kegiatan yaitu seluruh masyarakat Fakultas Pertanian. Keselarasan kinerja di setiap kelembagaan ini diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja kelembagaan dan mampu membangun hubungan baik antara kelembagaan mahasiswa Fakultas Pertanian.

Sidang Umum 2 dilaksanakan diakhir masa kepengurusan, yaitu hari Senin, tanggal 12 Desember 2011 pada pukul 19.00 – 21.00 WIB. Pada kegiatan ini Badan Eksekutif Mahasiswan (BEM) Fakultas Pertanian menyampaikan laporan pertanggungjawabannya kepada Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Pertanian yang dilanjutkan dengan penyampaian hasil pengawasan/penilaian DPM A terhadap kinerja BEM A. Selain itu, dilaksanakan pula penyampaian laporan keuangan dari setiap Himpro kepada DPM A. setelah melewati proses persidangan, pertanggungjawaban BEM A dapat diterima oleh DPM A yang berarti kegiatan BEM A secara umum baik dan berhasil.

 

Comments are closed.