Up grading DPM & BEM Fakultas Pertanian

Jumat- Minggu, 11-13 Februari 2011

Upgrading yang merupakan kegiatan rutin sebuah kelembagaan sering menjadi polemik bagi para anggota yang masuk dalam sebuah organisasi. Pasalnya, upgrading hanya diisi oleh  “ceramah” yang notabene membuat para anggota jenuh ALIAS bête>> Upgrading DPM Faperta kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumya, karena dibarengi dengan BEM Faperta. Upgrading ini berlangsung selama tiga hari dengan pemateri yang sudah pakar dibidangnya..

Gimana sih ceritanya???

Acara hari pertama Upgrading dilaksanakan di Ruang B1C1, dengan pengisi materi Ka Suranto Wahyu (Mapres IPB 2009). Ka Wahyu mengisi materi dengan judul “Pergerakan Mahasiswa”. Intinya, sebagai mahasiswa kita harus tetap berjuang untuk menyuarakan aspirasi dari berbagai kalangan baik dari mahasiswa itu sendiri ataupun diluar mahasiswa. Materi kedua disampaikan Oleh ka Fajar Sidiq Al afgani Noerman (Ketua BEM Faperta tahun lalu), beliau menyampaikan materi tentang “self development”. Intinya, setiap pribadi yang memiliki karakter pasti mampu mengembangkan diri dan berperan lebih baik melalui kelembagaan. Bila dilihat dari antusias peserta sendiri, cukup baik karena mereka banyak melontarkan pertanyaan yang diluar dugaan. Tujuan yg ingin dicapai dari penyampaian materi ini adalah semoga Upgrading dapat menjadi sebuah jembatan yang mengantarkan para organisatoris untuk lebih semangat dalam membangun Faperta lebih baik.

Acara hari kedua bertempat di RK 8 AGR 307. Acara dimulai pkl 08.00 – 15.00 WIB dan diawali oleh sambutan dari ketua DPM A, Ridwan Sufyana Yusuf (HPT 45). Peserta yang hadir dihari kedua lebih banyak disbanding hari pertama. Materi awal disampaikan dari perwakilan DPM KM IPB, Atik Nurwanda (ARL 44) mengenai ke DPMan dan menejemen waktu. Harapannya seluruh anggota DPM dapat memahami tugas dan fungsi DPM A dan dapat memenej waktu dengan baik antara organisasi, kuliah, dan kegiatan kemahasiswaan lainnya. Selanjutnya panitia upgrading mengadakan games dan Alhamdulillah cukup menambah keakraban, kehangatan serta kekeluargaan di DPM A. Karena kekompakan itu sangat penting. Setelah games acara selanjutnya diisi oleh Diskusi kelompok dengan mendatangkan alumni DPM A angkatan 43, kak oyok dan ka mawar. Dalam diskusi ini membahas mengenai ke DPMAan, namun lebih berupa sharing-sharing pengalaman dan permasalahan untuk kemudian dirumuskan solusinya. Hal yang tidak kalah penting yaitu, penyampaian mengenai pentingnya rasa kebersamaan, kekompakan, kekeluargaan, komitmen, tanggungjawab, dan professional.

Setelah ishoma bersama, anggota DPM digabUng kembali dengan BEM A diruang B1C1. Materi selanjutnya disampaikan oleh  Pak Sugeng. Materi yang diberikan yaitu mengenai  kemahasiswaan dan ke Fapertaan. Peserta cukup antusias dan mereka tidak menunjukkan rasa lelah sedikitpun.

Acara hari terakhir Upgrading DPM dan BEM berlangsung di outdoor. Para peserta dan panitia di ajak outbond ke Gunung Bunder. Peserta sudah berkumpul di lapangan rektorat pukul 05.30 WIB, dan langsung sarapan bersama. Semakin cepat, semakin baik heeee^^ Sesampainya peserta dilokasi, langsung di adakan acara games. GAMES ini bertujuan untuk menciptakan keakraban dan kekompakan antata BEM dan DPM Faperta. Durasi waktu tidak terlalu lama, agar peserta tidak cepat merasa bosan.  Terakhir yang paling mengharukan adalah acara pelantikan BEM A oleh DPM A. Prosesi ini dimpin langsung Ridwan selaku Ketua DPM….

Karena waktu sudah sore, setelah ashar para peserta berkemas dan bersiap untuk kembali ke kampus. Semoga acara Upgrading kali ini membawa manfaat positif dan dapat diaplikasikan selamanya.

 

Comments are closed.